KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEAKTIFAN BERTANYA SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 35 PEKANBARU

Beni Irwanto, (2014) KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEAKTIFAN BERTANYA SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 35 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui korelasi signifikan antara motivasi belajar dengan keaktifan bertanya siswa pada bidang studi pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 35 Pekanbaru. Berdasarkan observasi awal peneliti lakukan menemukan beberapa gejala-gejala diantaranya: sebagian siswa kurang kurang tekun dalam belajar, siswa kurang menunjukkan minat pada saat proses pembelajaran dan siswa gugup pada saat ingin bertanya. Sedangkan rumusan masalahnya adalah: Apakah ada korelasi signifikan antara motivasi belajar dengan keaktifan bertanya siswa pada bidang studi pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 35 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan keaktifan bertanya siswa sedangkan yang menjadi objeknya adalah seluruh siswa kelas IX yang beragama islam. Untuk memperoleh data penulis menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rumus product moment karena kedua variabel berskala interval, adapun rumusnya adalah sebagai berikut: = Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisa data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,592 lebih besar dari taraf signifikan 1% 0,463 dan 5% 0,361 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah: terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan keaktifan bertanya siswa pada bidang studi pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 35 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 13:53
Last Modified: 30 Jul 2016 13:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5938

Actions (login required)

View Item View Item