Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENANGANAN KASUS KESULITAN BELAJAR SISWA SEMASA COVID-19 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU (STUDI KASUS)

Wahid Ramadhani, - (2022) PENANGANAN KASUS KESULITAN BELAJAR SISWA SEMASA COVID-19 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU (STUDI KASUS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHSAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHID TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wahid Ramadhani, (2022): Penanganan Kasus Kesulitan Belajar Siswa Semasa Covid-19 Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru (Studi Kasus) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar semasa covid-19, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar semasa covid-19, penanganan kesulitan belajar semasa covid-19 oleh guru BK dan menurut siswa pada siswa SMK Telkom Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi dengan gejala yang peneliti temukan di SMK Telkom Pekanbaru yaitu Sebagian siswa lambat dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru se masa covid-19, Kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar semasa covid19, Hasil belajar yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan siswa pada masa pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Deskriptif Kualitatif. Sebagai informasi data penelitian ini, penulis mengambil beberapa orang informan data yaitu siswa, guru BK sebagai sumber data primer, sedangkan sumber data sekundernya diperoleh dari berbagai literatur yang berkenaan dengan pembahasan penelitian ini. Peneitian ini dilaksanakan di SMK Telkom Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dengan cara Interview atau wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam peneitian ini adalah Reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, menyusun hipotesis data, sedangkan metode pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferbilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentang penenganan kasus kesulitan belajar siswa semasa covid-19 sekolah menengah kejuruan Telkom Pekanbaru adalah Semasa covid-19 ini minat siswa menjadi kurang terkontrol dalam belajar karena kurang untuk dapat diamati. Banyaknya waktu stay at home mengakibatkan satu dari kelemahan dan ketidak mampuan guru untuk mengamati lebih dalam, para siswa mengalami kesulitan ketika melakukan pembelajaran secara online dengan pembelian kouta internet. suswa sama sekali kurang untuk memahami pembelajaran semasa covid-19, dan membutuhkan dukungan dari teman-teman, guru, dan wali. dengan adanya dukungan dari yang terdekat maka arah prilaku belajar kita akan menjadi baik dan benar sehingga kesulitan belajar akan hilang dan pembelajaran akan terarah. cara mengatasi kesulitan belajar bagi siswa yang bisa menjadi pertimbangan, dengan saling membantu satu sama lainnya. Kesulitan belajar juga dapat diatasi dengan mengajak siswa lebih aktif dalam pelajaran. Hal ini bisa dilakukan dengan melibatkan siswa berdiskusi, komunikasi dan berinteraksi saat proses pelajaran berlangsung seperti Guru BK. Kata Kunci: Penanganan, Kesulitan Belajar, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Feb 2022 00:40
Last Modified: 25 Feb 2022 00:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59371

Actions (login required)

View Item View Item