Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DENGAN BULLYING PADA SISWA KORBAN BULLYING DI SMPN 16 PEKANBARU

OCI EKA SURYANI, - (2022) HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DENGAN BULLYING PADA SISWA KORBAN BULLYING DI SMPN 16 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BA IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil riset OECD tahun 2019 menempatkan Indonesia pada posisi kelima tertinggi dari 78 negara yang muridnya mengalami perundungan (bullying). Selain itu, hasil penelitian ICRW tahun 2014 menunjukkan ternyata Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan tingkat kekerasan di sekolah tertinggi di kawasan Asia. Umumnya siswa yang mengalami tindakan bullying adalah siswa yang memiliki perilaku asertif yang rendah. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku asertif dengan bullying pada siswa korban bullying. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMPN 16 Pekanbaru sebanyak 206 orang. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala online dibuat dengan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi product moment dari SPSS diperoleh bahwa r = -0,505 dengan nilai signifikansi p= 0,00 (p<0,05) maka dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat korelasi negatif antara variabel perilaku asertif dengan variabel bullying pada siswa korban bullying di SMPN 16 Pekanbaru. Kata Kunci: perilaku asertif, bullying, korban bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:55
Last Modified: 25 Feb 2022 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59367

Actions (login required)

View Item View Item