Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGELOLAAN DESA BERDASARKAN UNDANG–UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 ( STUDI KASUS DESA LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR )

MARJULIS, - (2022) ANALISIS PENGELOLAAN DESA BERDASARKAN UNDANG–UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 ( STUDI KASUS DESA LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Pemerintahan telah mengesahkan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Tetapi belum swmua aparatur desa dan masyarakat yang belum tahu dan belum paham tentang kondisi tersebut. Salah satunya Desa limau manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, karena itu perlu di sosialisai untuk mengetahui sejahuh mana impelentasi Undang-undan Nomor 6 tahun 2014 tersebut. Motode pelaksaan pengabdian masyarakat di lakukan dengan cara penyuluhan dan diskusi, metode ceramah di lakukan dengan cara memberikan penjelasan materi tentang administrasi pada organisasi pemerintahan Desa, badan permusyawaratan Desa (BPD), lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM), keseluruhan unsur-unsur kelembagaan ditingkat desa tersebut akan diberikan informasi pengetahuan di dalam menjalankan peran dan fungsinya dalam melakukan kegiatan administrasi. Dari hasil pengabdian, terdapat peningkatan pemahaman masyarakat dan aparatur Desa tentang Undang-undang No.6 tahun 2014 tentang Desa. Misalnya keberadaaan ninik mamak yang bernaung dalam lembaga adat. Itu cukup besar fungsinya memberikan warna terhadap desa untuk memberdayakan masyarakat. Oleh karena itu perlu dibentuk lembaga adat desa sesuai dengan ketentuan berlaku dari lembaga tersebut ninik mamak dapat diposisikan sebagai orang terpandang dan memberikan contoh teladan bagi anak kemenakan dan masyarakat. Kata Kunci: Pengelolaan Desa berdasarkan UU No.6 tahun 2014

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:56
Last Modified: 24 Feb 2022 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59356

Actions (login required)

View Item View Item