OXTIN TIANAOXTIN TIANA, - (2022) PENGGUNAAN PENDEKATAN INDIVIDUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS PONDOK PESANTREN AL-MUSLIMUN BANDAR SEIKIJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
Abstract
OXTIN TIANA (2022) : PENGGUNAAN PENDEKATAN INDIVIDUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS PONDOK PESANTREN AL-MUSLIMUN BANDAR SEIKIJANG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan pendekatan individual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Pondok Pesantren Al-Muslimun Bandar Seikijang dan untuk mengetahui faktorfaktornya.Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidkan Agama Islam MTS Pondok Pesantren Al-Muslimun Bandar Seikijang, yang beralamat di Desa Sekijang Jalan Lintas Timur Km 29,5 Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Sedangkan objeknya ialah pelaksanaan penggunaan pendekatan individual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Pondok Pesantren Al-Muslimun Bandar Seikijang Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan, mulai 26 juli sampai 07 oktober 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 orang guru Pendidikan Agama Islam Pondok Pesantren Al-Muslimun Bandar Seikijang dan sampelnya adalah keseluruhannya. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren AlMuslimun Bandar Seikijang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik deskriptif. Apabila sebaran data telah terkumpul lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok data, yaitu data kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan data kualitatif digambarkan dengan kata-kata atau simbol. Hasil observasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penggunaan pendekatan individual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Pondok Pesantren Al-Muslimun Bandar Seikijang sudah baik. Selain itu, berdasrkan hasil data observasi dan wawancara dari pendekatan individual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Al-Muslimun Bandar Seikijang adalah 84.33%. Dan berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan penulis pada penyajian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan individual sudah sangat baik diterapkan pada pembelajaran dan sangat mudah digunakan pada semua mata pelajaran karena guru telah membuat langkahlangkah pembelajaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan pendekatan individual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kurangnya daya tangkap siswa karena kegiatan pendekatan individual dilaksanakan dengan kurang menarik dan monoton. Kata Kunci : Pembelajaran, Pendekatan Individual, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:36 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 07:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59336 |
Actions (login required)
View Item |