Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN YURIDIS PERSIDANGAN ELEKTRONIK ATAU E-LITIGASI PADA PERADILAN AGAMA PEKANBARU KELAS I-A YANG DIATUR OLEH PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1 TAHUN 2019

MUHAMMAD TAUFIQ FARHAN, - (2022) TINJAUAN YURIDIS PERSIDANGAN ELEKTRONIK ATAU E-LITIGASI PADA PERADILAN AGAMA PEKANBARU KELAS I-A YANG DIATUR OLEH PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1 TAHUN 2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG ok.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Taufiq Farhan,(2021) :Tinjauan Yuridis Persidangan Elektronik i Atau E-Litigasi di Lingkungan Pengadilan Agama Yang diatur Oleh Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perkembangan teknologi mengakibatkan adanya tuntutan bagi Pengadilan untuk melaksanakan administrasi dan persidangan berbasis elektronik atau saat ini dikenal dengan e-Court, yang ditetapkan oleh Mahkamah Agung RI melalui Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik yang merupakan salah satu upaya lembaga peradilan untuk mewujudkan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan, yang memungkinkan pihak berperkara untuk dapat lebih mudah menjalani proses peradilan dengan menggunakan suatu aplikasi e-Court yang terdiri dari pendaftaran (e-Filling), pembayaran (e-Payment), pemanggilan (e-Summons), persidangan (e-Litigasi), dengan adanya sistem e-Court ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan menimbulkan akibat positif lainya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana pelaksanaan sistem e-Litigasi di Pengadilan Agama Pekanbaru? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan sistem e-Court di Pengadilan Agama Pekanbaru? Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research) yaitu peninjauan langsung ke lokasi yang diteliti untuk memperoleh data-data. Penelitian ini dilakukan di Pengadilan Agama Pekanbaru Klas 1A, Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Hakim dan Panitera Pengganti Pengadilan Agama Pekanbaru Kelas IA dan Advokat yang ada di kota Pekanbaru. Jumlah sampel yang diambil yaitu 16 orang yang terdiri dari 3 orang Hakim Tinggi, 3 Hakim, 6 orang Panitera Pengganti dan 3 orang Advokat dengan menggunakan teknik wawancara. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian di analisis dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa 100% pelaksanaan sistem e-Litigasi di Pengadilan Agama Pekanbaru Kelas I-A sudah memenuhi Asas Sidang Terbuka untuk Umum, Asas Mendengarkan Keduabelah Pihak, Asas Upaya Perdamaian dan Asas Fleksibilitas, serta memudahkan pencari keadilan untuk menyelesaikan masalahnya di muka pengadilan. Tetapi 10% para pencari keadilan belum bisa menerapkan aplikasi e-Litigasi dikarenakan gaptek oleh karena itu maka perlunya sosialisasi kepada masyarakat. Dalam hal ini apabila di tinjau berdasarkan yuridis pelaksanaan sistem eLitigasi sudah menimbulkan kemaslahatan dalam berperkara di pengadilan,. Kata Kunci: e-Litigasi telah memenuhi asas hukum acara perdata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Mar 2022 08:34
Last Modified: 07 Mar 2022 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59334

Actions (login required)

View Item View Item