Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE BILLBOARD RANKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH HUBBUL BILAD KECAMATAN TALANG MUANDAU KABUPATEN BENGKALIS

SA’DAH NURAINI, - (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE BILLBOARD RANKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH HUBBUL BILAD KECAMATAN TALANG MUANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SA’DAH NURAINI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sa’dah Nuraini, (2021) : Pengaruh Penerapan Metode Billboard Ranking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Bilad Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan metode billboard ranking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Bilad Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis. Subjek penelitian adalah siswa dan objek penelitian adalah pengaruh Penerapan metode billboard ranking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Bilad Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis. Populasi berjumlah 142 orang siswa, oleh karena jumlah objek terlalu banyak, maka diadakan penarikan sampel Jumlah keseluruhan kelas VIII yang berjumlah 81 orang siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah penerapan metode billboard ranking sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Untuk mengumpulkan data penerapan metode billboard ranking penulis menggunakan angket dan hasil belajar siswa penulis menggunakan nilai Ujian Semester dan MID Semester siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, observasi dan juga dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan Metode Billboard Ranking diperoleh angka sebesar 47% atau kepada kategori cukup baik. 2) Hasil belajar siswa diperoleh angka sebesar 71,88% atau pada kategori baik. 3) Ada pengaruh yang signifikan penerapan metode billboard ranking terhadap hasilbelajar siswa sebesar -0,365disini rhitung 0,217<- 0,861>0,283 rtabelpada taraf 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan Penerapan metode billboard ranking terhadap hasil belajarsiswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Bilad Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis diterima. Ini berarti bahwa semakin baik penerapan metode billboard ranking maka semakin baik pula hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Bilad Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis, sebaliknya semakin rendah penerapan metode billboard ranking maka semakin tidak baik pula hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Bilad Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis. Kata kunci: Penerapan Metode Billboard Ranking, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:30
Last Modified: 23 Feb 2022 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59317

Actions (login required)

View Item View Item