PENGARUH PEMAHAMAN PEMBELAJARAN MATERI UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN TERHADAP MOTIVASI MENABUNG SISWA DI BANK SYARIAH MINI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL PEKANBARU

Fatma, (2014) PENGARUH PEMAHAMAN PEMBELAJARAN MATERI UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN TERHADAP MOTIVASI MENABUNG SISWA DI BANK SYARIAH MINI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman pembelajaran materi uang dan lembaga keuangan (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi menabung siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman pembelajaran materi uang dan lembaga keuangan terhadap motivasi menabung siswa di Bank Syariah Mini Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh pemahaman pembelajaran materi uang dan lembaga keuangan terhadap motivasi menabung siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaruyang berjumlah 196 orang. Sedangkan sampelnya adalah 50 orang siswa yang diambil 25% dari total populasi. Pengumpulan data diambil melalui tes dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat lunak komputer melalui program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman pembelajaran materi uang dan lembaga keuangan berpengaruh signifikan terhadap motivasi menabung siswa di Bank Syariah Mini Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis bahwa nilai r hitung (0,496) lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikan 5% atau 1%, yaitu 0,201<0,496>0,273. t hitung=6,872 bila dibandingkan t tabel pada taraf signifikansi 5%=2,01 dan 1%=2,68 maka t hitung>t tabel (2,01<6,872>2,68) ini berarti t hitung signifikan. F hitung = 47,221 dengan tingkat probabilitas 0,000 > 0,05, sedangkan F tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 4,06 dan 1% adalah 7,24 maka F hitung > F tabel (4,06<47,221>7,24), maka penelitian ini merupakan penelitian yang linier. Adapun besar pengaruh pemahaman pembelajaran materi uang dan lembaga keuanganterhadap motivasi menabung siswa di Bank Syariah Mini Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru adalah sebesar 49,6% (0,496 x 100%). Hal tersebut dilihat dari nilai koefisien korelasi (r) 0,704 dan nilai koefisien determinasinya (r2) sebesar 0,496. Ini berarti pemahaman pembelajaran materi uang dan lembaga keuangan memberikan kontribusi sebesar 49,6% terhadap motivasi menabung siswa, sedangkan yang 50,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor. Melihat kepada persamaan regresi Ý = 35,846 + 0,529 X, menunjukkan bahwa setiap ada penambahan nilai pemahaman pembelajaran materi uang dan lembaga keuangansebanyak 1 maka akan menaikkan nilai dari motivasi menabung siswa sebesar 0,529

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 13:33
Last Modified: 30 Jul 2016 13:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item