Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE QIYASIYAH DAN METODE ISTIQRAIYAH DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB

SEPTYANA, - (2022) ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE QIYASIYAH DAN METODE ISTIQRAIYAH DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEPTIYANA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Septyana , (2022) : Analisis Perbandingan Antara Penggunaan Metode Qiyasiyah dan Metode Istiqraiyah Dalam Pelajaran Bahasa Arab penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang tidak membutuhkan hiptesis penelitian karena data penelitian ini adalah data deskriptif bukan angka. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode dalam pelajaran bahasa arab khususnya nahwu. Objek penelitian ini adalah kelebihan dan kekurangan metode qiyasiyah dan metode istiqraiyah. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Untuk metode pengumpulan data peneliti menggunakan penellitian kepustakaan dengan metode observasi serta membaca buku-buku yang terkait dengan judul penelitian. Meode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah content analisis untuk mengolah data yang terkumpul.Dari analisis yang dilakukan ditemukan bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan dari metode qiyasiyah dan metode istiqraiyah. Adapun kelebihan metode qiyasiyah adalah tujuan dari metode ini lebih spesifik, memudahkan siswa dalam pemahaman dengan cepat. Adapun kekurangan dari metode ini adalah Lemahnya dari sisi keaktifan berfikir dan mengemukakan pendapat, siswa dibebani penghafalan tanpa memahami kaidah-kaidah, dan kurangnya rasa percaya diri pada siswa. Sedangkan kelebihan dari metode istiqraiyah adalah metode ini merupakan metode yang baik untuk menemukan tujuan dari qawaid nahwu, mendorong siswa untuk berpikir dan berpartisipasi dalam pelajaran dengan cara yang efektif. Adapun kekurangan dari metode ini adalah Metode ini lambat dalam memperoleh informasi karakteristik siswa, tidak efesien karena kebanyakan contoh-contoh yang diberikan oleh guru. Kata Kunci : Analisis Perbandingan, Metode Qiyasiyah, Metode Istiqraiyah, Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:08
Last Modified: 23 Feb 2022 01:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59304

Actions (login required)

View Item View Item