PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PELAKU PEREKONOMIAN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-AZHAR KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK

Kirman, (2011) PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PELAKU PEREKONOMIAN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-AZHAR KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011306.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memperhatikan fenomena yang terjadi di lapangan yaitu rendahnya partisipasi belajar siswa di kelas pada materi pelaku perekonomian, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan Strategi Everyone Is a Teacher Here. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penggunaan strategi Everyone Is a Teacher Here dalam meningkatkan pertisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Tsanawiyah Al-Azhar Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Al-Azhar Kecamatan Dayun Kabupaten Siak selama 3 bulan. Mulai dari bulan Agustus 2010 hingga bulan Oktober 2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan didalam kelas. Instrument penelitian terdiri dari teknik pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung. Lembar observasi aktivitas siswa dan lembar partisipasi belajar siswa kelas VIII MTS Al-Azhar Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus yang berkesinambungan, pada awal pelaksanaan siklus I diketahui bahwa tingkat partisipasi belajar siswa pada materi pelaku perekonomian siswa kelas VIII MTS Al-Azhar Kecamatan Dayun Kabupaten Siak berada pada klasifikasi persentase rata-rata 43,8% “Rendah”. Pada siklus I menunjukkan tingkat partisipasi belajar siswa mencapai persentase rata-rata 70,0%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai partisipasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 90,0%. Dengan demikian strategi Everyone Is a Teacher Here dapat dilaksanakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Pelaku Perekonomian. Artinya apabila diterapkan strategi Everyone Is a Teacher Here dalam proses pembelajaran yang diajarkan dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Jan 2016 03:38
Last Modified: 11 Jan 2016 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item