Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS NUTRISI PELLET DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) SEBAGAI PENSUBSTITUSI BUNGKIL KEDELAI PADA LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

RAUDATUL JANNAH, - (2022) KUALITAS NUTRISI PELLET DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) SEBAGAI PENSUBSTITUSI BUNGKIL KEDELAI PADA LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

KUALITAS NUTRISI PELLET DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) SEBAGAI PENSUBSTITUSI BUNGKIL KEELAI PADA LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA Raudatul Jannah (11481202577) Dibawah Bimbingan Elfawati dan Jepri Juliantoni INTISARI Keuntungan pembuatan pellet yaitu pakan tidak berdebu, kandungan zat gizi pada setiap pellet tersebut seragam dan homogen, kepadatannya tinggi dan mengurangi sisa pakan untuk meningkatkan densitas pakan sehingga mengurangi tempat penyimpanan. Tujuan penelitian untuk Mengetahui interaksi antara penambahan tepung daun indigofera dengan lama penyimpanan, Mengetahui pengaruh penambahan tepung daun indigofera dan Mengetahui pengaruh lama penyimpanan terhadap kualitas nutrisi pellet dilihat dari bahan kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, abu dan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2019, Pembuatan pellet dilakukan di Laboratorium Agrostologi, Industri Pakan dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Analisis kandungan nutrisi dilakukan di Laboratorium Fakultas Perikanan Universitas Riau, Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola Faktorial (3x3) dengan 2 ulangan yaitu Faktor A adalah Komposisi Ransum dengan penambahan level tepung daun Indigofera 0%, 5% dan 10%. Faktor B adalah lama penyimpanan 0 hari, 7 hari dan 14 hari. Parameter yang diukur adalah kandungan Bahan Kering (BK), Protein Kasar (PK), Serat Kasar (SK), Lemak Kasar (LK), Abu dan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN). Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi antara penambahan tepung daun Indigofera dengan lama penyimpanan yang berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap Kadar Abu. Penambahan tepung daun Indigofera berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap bahan kering, protein kasar, serat kasar, Lemak Kasar dan BETN. Lama penyimpanan memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap bahan kering, protein kasar, Lemak Kasar dan BETN. Terjadi interaksi antara level penambahan tepung daun indigofera dengan lama penyimpanan yang berbeda pada pembuatan pellet terhadap kadar abu. Penambahan tepung daun indigofera 10% pada pembuatan pellet meningkatkan serat kasar, protein kasar, lemak kasar dan BETN. Lama penyimpanan yang berbeda pada pembuatan pellet menurunkan serat kasar, protein kasar, lemak kasar dan BETN. Kata Kunci: Pellet, tepung daun Indigofera, Lama Penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:00
Last Modified: 18 Feb 2022 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59279

Actions (login required)

View Item View Item