Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN HUMAS BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM BANGGA KENCANA

ZIZI NOFIA PUTRI, - (2021) PERAN HUMAS BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) PROVINSI RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM BANGGA KENCANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Zizi Nofia Putri Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Peran Humas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau Dalam Mensosialisasikan Program Bangga Kencana Penelitian ini dilatarbelakangi penduduk Indonesia sejak tahun 2020 didominasi usia produktif (15-64 tahun) yang jauh melampaui jumlah penduduk usia muda (0-14 tahun) dan penduduk lanjut usia (65 tahun ke atas). Jumlah penduduk usia muda cenderung turun sebagai keberhasilan pengendalian kuantitas penduduk melalui program Bangga Kencana BKKBN. Sedangkan jumlah penduduk lanjut usia cenderung meningkat sebagai dampak peningkatan kualitas hidup masyarakat. Oleh sebab itu humas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau harus terus aktif mensosialisasikan program tersebut. Rumusan masalah penelitian tentang bagaimana peran humas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mensosialisasikan program Bangga Kencana. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peran humas BKKBN provinsi Riau dalam mensosialisasikan program Bangga Kencana. Metode dalam penelitian adalah Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori penelitian menggunakan pendekatan peran humas yang dikemukakan Rosady Ruslan, yaitu komunikator, pembina hubungan baik, pendukung fungsi manajemen, dan membentuk citra. Berdasarkan hasil penelitian, peran humas BKKBN provinsi Riau diimplementasikan dalam beberapa kegiatan seperti rapat pengendalian pelaksanaan program, rapat koordinasi percepatan target program, pelatihan fasilitator tingkat kabupaten/kota, penyuluhan online, pelayanan suntik KB gratis, bekerjasama dengan media massa, instansi kesehatan, dan instansi Pendidikan, dan lain-lainnya. Kesimpulan dari penelitian peran humas dalam mensosialisasikan program sesuai dengan tataran efektif yang mana membina hubungan baik dan membentuk citra instansi memiliki andil besar pada keberhasilan program Bangga Kencana. Kata Kunci : Peran, Humas, Sosialisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 Feb 2022 02:27
Last Modified: 16 Feb 2022 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59262

Actions (login required)

View Item View Item