Patimawati (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE “SAYA ADALAH” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 006 LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
|
Text
EM.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe “Saya Adalah” dalam meningkatkan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SD Negeri 006 Limau Manis Kecamatan Kampar, dalam pembelajaran IPS terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa diantaranya: Sebanyak 17 orang siswa atau sekitar 68% dari 25 orang jumlah siswa tidak mau bertanya ketika proses pembelajaran berlangsung. Sebanyak 23 orang siswa atau sekitar 92% dari 25 orang jumlah siswa tidak mau mengemukakan pendapat setelah proses pembelajaran. Sekitar 22 orang atau 88% dari jumlah siswa tidak membuat catatan penting tentang meteri yang telah dijelaskan oleh guru Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan tujuan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 006 Limau Manis Kecamatan Kampar tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe “Saya Adalah” dalam meningkatkan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SD Negeri 006 Limau Manis Kecamatan Kampar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar yaitu sebelum dilakukan tindakan tergololong “kurang” dengan persentase 48% berada pada interval 30%-49%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I maka secara klasikan pada siklus I diperoleh rata-rata 72% berada pada interval 70%-89% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu klasikal diperoleh rata-rata 80% berada pada interval 70%-89% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe “Saya Adalah” dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri 006 Limau Manis Kecamatan Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 12:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 12:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5925 |
Actions (login required)
View Item |