Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI TAMBAH PADA PRODUK OLAHAN SINGKONG DI UKM MEGA SUPER MENGGUNAKAN METODE HAYAMI DAN AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

Raka Maureka, - (2022) ANALISIS NILAI TAMBAH PADA PRODUK OLAHAN SINGKONG DI UKM MEGA SUPER MENGGUNAKAN METODE HAYAMI DAN AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (Bab IV)
File Hasil Penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
File Lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV dan Bab V).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ANALISIS NILAI TAMBAH PADA PRODUK OLAHAN SINGKONG DI UKM MEGA SUPER MENGGUNAKAN METODE HAYAMI DAN AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) RAKA MAUREKA NIM : 11752100019 Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No.155 Pekanbaru ABSTRAK UKM Mega Super beralamatkan di Jalan Sutan Syahrir, Tj.Pauh Kecamatan Payakumbuh Barat, Sumatera Barat, merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang produksi produk olahan singkong dimana jenis produknya yaitu sanjai balado, keripik cincang, dan tepung. UKM Mega Super mempunyai masalah dalam marketing dan juga produksi, dimana masih terdapat produk sisa dan produk rusak dari hasil penjualan dan produksi. Selain itu harga bahan baku yang di dapatkan masih berfluktuasi dan pengolahan produk masih menggunakan peralatan yang sederhana, sehingga proses produksi menjadi kurang efisien. Dari permasalahan faktor marketing dan produksi tersebut akan mempengaruhi besarnya nilai tambah produk dan juga keuntungan yang diterima oleh UKM Mega Super. Kurang maksimalnya nilai tambah pada produk saat ini akan membuat keuntungan yang diterima oleh UKM menjadi tidak maksimal. Hal ini tentu sangat berpengaruh untuk perkembangan dan kemajuan UKM Mega Super. Oleh karena itu diperlukan melakukan perhitungan nilai tambah pada tiga jenis produk olahan singkong tersebut untuk mengetahui nilai tambah produk saat ini, serta melakukan upaya untuk meningkatkan nilai tambah produk dan meningkatkan keuntungan produk dengan pendekatan AHP sebagai solusi atau rekomendasi. Dimana kriteria dan alternatif penyelesaian AHP berasal dari atribut Metode Hayami yang digunakan sebelumnya. Setelah dilakukan perhitungan Hayami dan AHP, diperoleh hasil bahwa alternatif satu merupakan alternatif terbaik dengan nilai bobot evaluasinya sebesar 0,601 dan didapatlah nilai tambah dan keuntungan yang lebih besar bagi UKM Mega Super menggunakan alternatif rekomendasi dibandingkan nilai tambah saat ini. Kata Kunci : Produk olahan singkong, Niali tambah, Strategi penyelesaian, Hayami, AHP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:51
Last Modified: 14 Feb 2022 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59203

Actions (login required)

View Item View Item