Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN ORGANISASI IKATAN PEMUDA MASJID AN NUR DALAM MEMBERDAYAAN REMAJA DI KELURAHAN SIDOMULYO BARAT KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

Habileo Khomeini Nasro, Habileo (2022) PERAN ORGANISASI IKATAN PEMUDA MASJID AN NUR DALAM MEMBERDAYAAN REMAJA DI KELURAHAN SIDOMULYO BARAT KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi remaja saat ini yang masih banyak belum memahami nilai nilai keimanan dasar agama islam, belum mengenal jati dirinya sebagai seorang muslim, dan belum optimal dalam menggali potensinya. Untuk itu maka diadakan kegiatan pemberdayaan remaja yang dilakukan oleh Ikatan Pemuda Masjid An Nur di Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran Ikatan Pemuda Masjid An Nur dalam proses pemberdayaan remaja melalui tiga aspek yaitu pendidikan, pembentukan jati diri, dan pengembangan potesi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Ikatan Pemuda Masjid An Nur dalam pemberdayaan remaja di Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah melalui ketekunan peneliti dan triangulasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang terdiri dari informan kunci yaitu ketua Ikatan Pemuda Masjid An Nur dan informan pendukung yang terdiri dari 7 orang anggota Ikatan Pemuda Masjid An Nur dan Ketua Takmir Masjid An Nur Permata bening. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Ikatan Pemuda Masjid An Nur dalam pemberdayaan remaja di Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan, Pekanbaru ditinjau dalam aspek pendidikan yaitu dengan melakukan kegiatan kajian islam intensif, dalam aspek pembentukan jati diri dengan melakukan kegiatan kajian rutin, dan dalam aspek pengembangan potensi remaja dengan melakukan kegiatan pelatihan editing, pelatihan wirausaha, kegiatan olah raga dan kegiatan lainnya. Oleh karena itu peran Ikatan Pemuda Masjid An Nur menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari kegiatan pemberdayaan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Remaja Masjid, Pemberdayaan Remaja
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:35
Last Modified: 11 Feb 2022 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59196

Actions (login required)

View Item View Item