IRDINA NURHIKMAH, - (2022) KONSEP BELAJAR DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF KADAR M. YUSUF DALAM BUKU KONSTRUKSI TEORI BELAJAR QUR’ANI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Irdina Nurhikmah, (2021): Konsep Belajar dalam Al-Qur’an Perspektif Kadar M. Yusuf dalam Buku Konstruksi Teori Belajar Qur’ani Konsep belajar dalam Al-Qur’an mengantarkan para pelajar kepada hidayah. Proses belajar dalam Al-Qur’an merupakan aktivitas indra baik indra lahir maupun indra batin. Indra lahir berada di bagian luar diri manusia dengan penglihatan, pendengaran, dan rasa. Sedangkan indra batin bagian dalam diri manusia yang berpusat di otak dengan menyimpan informasi, berpikir, menganalisis, dan mengambil kesimpulan. Indra lahir menyerap informasi, gagasan, atau ide yang berkaitan dengan objek yang dipelajari dikirim kepada indra batin yang berpusat di otak. Informasi dari indra lahir yang telah terserap oleh indra batin diolah, sehingga menghasilkan ilmu pengetahuan. Konsep belajar dalam Al-Qur’an sangat penting dalam Islam untuk mewujudkan kehidupan umat manusia yang berilmu dan beriman. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Konsep Belajar dalam Al-Qur’an Perspektif Kadar M. Yusuf dalam Buku Konstruksi Teori Belajar Qur’ani karya Kadar M. Yusuf. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian diperoleh bahwa konsep belajar dalam Al-Qur’an perspektif Kadar M. Yusuf dalam buku Konstruksi Teori Belajar Qur’ani yaitu: ta’allama, darasa, ra’a, qara’a, sami’a, basara, nazara, fakara, tadabbur, dan dhakara. Narasi-narasi konsep belajar tersebut diartikan kepada melihat, mendengar, membaca, berpikir, dan mengingat. Jika kegiatan-kegiatan belajar ini belum dilakukan, maka belum bisa tergolong dalam kegiatan belajar sesungguhnya. Kata Kunci: Konsep Belajar dalam Al-Qur’an, Konstruksi Teori Belajar Qur’ani
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 03:31 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 03:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59175 |
Actions (login required)
View Item |