Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AN ANALYSIS OF HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) IN ENGLISH NATIONAL EXAMINATION QUESTION AT JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA

AUDINA DEWI IRMAYANTI, - (2022) AN ANALYSIS OF HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) IN ENGLISH NATIONAL EXAMINATION QUESTION AT JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
THESIS AUDINA DEWI IRMAYANTI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Audina Dewi Irmayanti (2022): Analisa Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang mampunya siswa memahami ataupun mengenali struktur dan komposisi soal Ujian Nasional. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan rendahnya prestasi belajar dan keterampilan berpikir siswa yaitu melaksanaan Ujian Nasional, maka sudah seharusnya terdapat komponen soal dengan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori item soal berdasarkan tingkat keterampilan berpikir dari paket 1 dan 2 Ujian Nasional Bahasa Inggris Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk SMP se-Indonesia.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis dan persentase. Penelitian ini dilaksanakan pada 17 September – 17 Desemeber 2021 di SMP Muhammadiyah 4 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan dua sampel paket soal Ujian Nasional Bahasa Inggris tahun ajaran 2018/2019, dua sampel paket soal ini merupakan paket soal yang tersedia dari 20 paket soal Ujian Nasional Bahasa Inggris tahun ajaran 2018/2019. Instrumen Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pencatatan data berupa tabel analisis checklist. Data yang diperoleh berupa persentase hasil analisis butir-butir Ujian Nasional Bahasa Inggris ke dalam persentase dimensi proses kognitif. Berdasarkan analisis data butir, diperoleh hasil: sebagian besar soal Ujian Nasional Bahasa Inggris tahun ajaran 2018/2019 di tingkat SMP, pada kedua paket soal masih menggunakan Kemampuan Berpikir Tingkat Rendah atau Lower-Order Thinking Skills (LOTS) dengan persentase 86% dan hanya terdiri 14% pertanyaan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher-Order Thinking Skills (HOTS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Feb 2022 00:56
Last Modified: 10 Feb 2022 00:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59160

Actions (login required)

View Item View Item