Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GENERATIVE LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS

YULIANI HASSANAH, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GENERATIVE LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Yuliani Hasanah.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yuliani Hassanah, (2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Generative Learning pada Materi Kubus dan Balok untuk Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS matematika berbasis generative learning yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangn dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Humairoh HNN dengan subjek penelitiannya ialah ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan dari dosen atau guru mata pelajaran matematika yang berjenjang S2, serta enam orang siswa kelas IX MTs Humairoh HNN. Sementara itu, objek penelitian ini adalah LKS berbasis generative learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas para ahli dan angket uji praktikalitas. Angket ini bertujuan untuk mengukur tingkat kevalidan dan kepraktisan LKS yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis generative learning pada materi kubus dan balok dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase kevalidan 90.95%. selain itu, hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden sebanyak enam siswa diperoleh bahwa LKS berbasis generative learning pada materi kubus dan balok ini sangat praktis dengan tingkat persentase kepraktisan 89.39%. Sedangkan untuk uji kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena kondisi yang belum memungkinkan akibat penyebaran pandemi covid-19. Dengan demikian, hasil penelitian ini teridentifikasi menghasilkan LKS yang valid dan praktis. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Generative Learning, Kubus dan Balok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:49
Last Modified: 07 Feb 2022 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59138

Actions (login required)

View Item View Item