Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

"KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI PERBANDINGAN PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI)"

Taufik Helmi, - (2022) "KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI PERBANDINGAN PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI)". Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Gabungan)
Disertasi taufik.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
BAB IV terbuka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)

Abstract

Taufik Helmi (2021): Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Perbandingan Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi) Pendidikan akhlak sangatlah diperlukan bagi kelanjutan hidup suatu bangsa, karena apabila budi suatu bangsa telah hilang dan akhlak serta adabnya telah rusak, maka cepat atau lambat bangsa itu akan lenyap dari permukaan bumi. Salah satu cara terpenting untuk mendidik dan membina anak adalah dengan memberinya pendidikan akhlak sejak masa kanak-kanak, karena padamasa ini merupakan masa pembentukan watak yang ideal. Oleh sebab itu, pendidikan akhlak sangat penting bagi peserta didik dalam menumbuh kembangkan hubungan antara peserta didik dengan sang pencipta, hubungan anatara peserta didik dengan manusia laninyya sehingga memunculkan suatu sikap yang harmonis di antara sesamanya. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) Bagiamana konsep pendidikan akhlak menurut pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas 2) Bagiamana konsep pendidikan akhlak menurut pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi 3) Bagaimana tujuan pendidikan akhlak menurut pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas 4) Bagaimana tujuan pendidikan akhlak menurut pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi 5) Bagaimana metode pendidikan akhlak menurut pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas 6) Bagaimana metode pendidikan akhlak menurut pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasy 7) Bagaimana Analisis perbandingan pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi) Adapun tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik (studi perbandingan pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi) 2) Memberikan informasi dan memperkaya wacana tentang pendidikan akhlak khususnya menyangkut mengenai konsep pendidikan akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik (studi perbandingan yang dapat dijadikan suri teladan khususnya bagi penulis dan pembaca. Jenis penelitian ini penelitian kepustakaan atau Library research adalah telaah yang berkaitan kepada pemikiran seorang tokoh yang dalam waktu tertentu, kondisi budaya, masyarakat pada saat itu, beserta dokumen, maka secara metodoligis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sejarah (historical approach Dari kesimpulan konsep pendidikan akhlak menurut pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi dapat menjadi tiga hubungan akhlak 1). Akhlak kepada diri sendiri 2). Akhlak kepada Allah SWT 3). Akhlak kepada Manusia.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 05 Feb 2022 02:56
Last Modified: 05 Feb 2022 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59114

Actions (login required)

View Item View Item