Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TABAYYUN DALAM KISAH NABI YUSUF DAN TELEMATIKA

MUHAMMD AMIR SYAKIR, - (2021) TABAYYUN DALAM KISAH NABI YUSUF DAN TELEMATIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD AMIR SYAKKIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian skripsi ini membahaskan tentang Tabayyun Dalam Kisah nabi Yusuf dan Telematika. Tabayyun adalah akhlak yang mulia yang merupakan prinsip penting dalam menjaga kemurnian ajaran Islam dan keharmonisan dalam pergaulan. Apabila meninggalkan tabayyun akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Pada abad sekarang, penggunaan tabbayun dalam informasi yang beredar di media sosial sudah meluas. Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur‟an adalah salah satu kisah yang memberikan pengajaran kepada masyarakat tentang tabayyun. Penelitian tabayyun ini bermaksud mengetahui tentang bagaimana solusi menghadapi siatuasi penyebaran hoax dalam media sosial, pandangan tabayyun melalui perspektif telematika, tabbayun dalam kisah Nabi Yusuf dan bertabayyun dalam areana media sosial serta kepentingan tabayyun terhadap informasi di media sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian berupa library research dengan pendekatan kualitatif. Hasil temuan skripsi ini adalah tabbayun haruslah dipraktikan dalam kehidupan masyarkat supaya tidak terjadi perpecahan dan persengketaan antara satu sama lain. Dengan adanya konsep tabbayun maka masyarakat dan individu akan lebih berwaspada dalam menilai, dan membuat suatu keputusan yang terburu-buru. Tabbayun akan menggalakkan manusia supaya berfikir lebih rasional dan lebih matang dalam mebuat keputusan dan dapat membuat keputusan yang lebih baik tanpa menggunakan kepentingan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 07 Feb 2022 05:28
Last Modified: 07 Feb 2022 05:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59089

Actions (login required)

View Item View Item