Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Poster Session Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Ekosistem Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 008 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar

Mutiara Rahmadan, - (2022) Penerapan Strategi Poster Session Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Ekosistem Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 008 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mutiara Rahmadani, (2022): Penerapan Strategi Poster Session Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Ekosistem Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 008 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema ekosistem di kelas V SDN 008 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar melalui strategi poster session. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas V SDN 008 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi poster session dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes keterampilan berbicara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi poster session dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 59,57% atau masih tergolong kurang. Setelah dilaakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 76,08% atau tegolong cukup baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84,18% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi poster session dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema ekosistem kelas V SDN 008 Silam Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Poster Session, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:22
Last Modified: 04 Feb 2022 01:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59087

Actions (login required)

View Item View Item