Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA PEMERINTAH DESA MEMBANTU MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI MASA REPLANTING DI DESA PELITA KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR

Rizka Ramayanti, Rizka (2022) UPAYA PEMERINTAH DESA MEMBANTU MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI MASA REPLANTING DI DESA PELITA KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Masa replanting adalah masa yang sulit bagi masyarakat desa Pelita dimana masyarakat kehilangan mata pencahariannya yaitu sebagai petani kelapa sawit. Sehingga untuk mempertahankan ekonomi, masyarakat banyak mencari pekerjaan sampingan seperti bekerja sebagai buruh kelapa sawit milik orang lain, mencari ikan di rawa-rawa untuk diperjual belikan di pasar, membuka kedai harian, dan membuat selokan di desa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya pemberdayaan pemerintah desa dalam mengurangi dampak ekonomi masyarakat masa replanting di Desa Pelita Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pemberdayaan pemerintah desa dalam mengurangi dampak ekonomi masyarakat di Desa Pelita Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan Teknik Pengumpulan Data yaitu Metode Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Terdapat 1 Informan kunci yaitu Kepala Desa dan 9 Informan Pendukung yaitu Seketaris KUD Subur Makmur dan masyarakat. Dengan menggunakan teknik Analisis Data yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, serta menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemberdayaan pemerintah desa ini mampu mengurangi dampak ekonomi masyarakat seperti dengan memberikan tanaman palawija, tanaman jangka pendek seperti ubi dan pepaya, serta membantu generasi petani untuk melanjutkan pendidikan melalui program BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) selain itu pemerintah desa juga memberikan sarana dan prasarana untuk penunjang keberhasilan petani namun hal ini tidak bisa membantu masyarakat secara maksimal karena masih banyak masyarakat yang mencari pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Pemerintah Desa, Masyarakat, Peremajaan Kelapa Sawit
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:37
Last Modified: 04 Feb 2022 01:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59082

Actions (login required)

View Item View Item