Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Naga Beralih Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Aisyah Gusti Asmara, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Naga Beralih Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah Gusti Asmara, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Naga Beralih Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Naga Beralih Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah satu orang guru dan 30 orang siswa dan objeknya adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisa datanya adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Naga Beralih Kecamatan Kampar.. hasil tes sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision, hasil belajar yang diperoleh siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 43.3%. Kemudian berdasarkan hasil tes pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 66.7%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 90%. Kata Kunci : Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:10
Last Modified: 04 Feb 2022 01:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59074

Actions (login required)

View Item View Item