RIDO JUSPRIANSYAH, - (2021) ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATERI PERSAMAAAN KUADRAT BERBASIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI RIDO JUSPRIANSYAH.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rido Juspriansyah, (2021): Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-soal Pada Materi Persamaan Kuadrat Berbasis Kemampuan Koneksi Matematis berdasarkan Gya Kognitif dan Habits of Mind Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis Newman’s Error siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematis materi persamaan kuadrat berdasarkan gaya kognitif dan habits of mind. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas IX.1 SMP N 1 Pujud yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan koneksi matematis pada materi persamaan kuadrat, soal tes GEFT, angket habits of mind, dan pedoman wawancara. Pengelolaan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif Field dependent (FD) dan Field independent (FI) yaitu kesalahan keterampilan proses. (2) Siswa dengan HoM tinggi secara umum melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan HoM sedang secara umum melakukan kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan HoM rendah secara umum melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. (3) Siswa dengan FI HoM tinggi secara umum melakukan kesalahan keterampilan proses, dan FI HoM sedang melakukan kesalahan transformasi dan keterampilan proses. Siswa dengan FI HoM rendah secara umum melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan FD HoM tinggi dan FD HoM sedang secara umum melakukan kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Sedangkan siswa dengan FD HoM rendah secara umum melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Kata kunci : Analisis Newman’s Error, Kemampuan Koneksi Matematis, Gaya Kognitif, Habits of Mind.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 05:50 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 05:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59035 |
Actions (login required)
View Item |