Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMPN 3 TAMBANG

MUHAMMAD ARDIANSYAH RAMADHANI, - (2022) PENGARUH PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMPN 3 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD ARDIANSYAH RAMADHANI, (2021): Pengaruh Penerapan Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, sedang dan rendah, serta melihat ada tidaknya interaksi antara Self Efficacy siswa dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Factorial Eksperimen dengan desain true experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tambang tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan cluster sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes berupa intrumen soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket Self Efficacy. Analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1, 2 dan 3 menggunakan uji anova dua arah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 3 Tambang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:57
Last Modified: 03 Feb 2022 04:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59027

Actions (login required)

View Item View Item