Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs MUHAMMADIYAH PENYASAWAN PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

RAFILAH ATIKA, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs MUHAMMADIYAH PENYASAWAN PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAFILAH ATIKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rafilah Atika (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Science Technologi Engineering And Mathemtics (STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII MTs Muhammadiyah Penyasawan Pada Materi Pemanasan Global Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di MTs Muhammadiyah Penyasawan, guru masih berfokus pada penguasaan materi dan jarang menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk melakukan pengamatan secara langsung melalui kegiatan penyelidikan. Hal ini menyebabkan kurang dibekalinya peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan sehingga keterampilan berpikir kritis peserta didik kurang diasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Science Technologi Engineering And Mathemtics(STEM)terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di MTs Muhammadiyah Penyasawan. Metode pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest-Postest Design yaitu melibatkan hanya satu kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Muhammadiyah Penyasawan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen menggunakan model STEM. Data dikumpulkan melalui soal tes dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji one sample t test dengan bantuan SPSS versi 23 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 23 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model STEM terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global di MTs Muhammadiyah Penyasawan. Kata Kunci: STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemanasan Global

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:53
Last Modified: 03 Feb 2022 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59017

Actions (login required)

View Item View Item