Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN SABUT KELAPA MENJADI COCOFIBER MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS: PT. MALIGAI CITRA KELAPA SUNGAI TUNU)

ANNISA RAHMADANI, - (2022) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN SABUT KELAPA MENJADI COCOFIBER MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS: PT. MALIGAI CITRA KELAPA SUNGAI TUNU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV-V)
BAB IV-V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR ANNISA RAHMADANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Maligai Citra Kelapa merupakan sebuah pabrik yang bergerak di bidang pengolahan sabut kelapa, jenis produk yang dihasilkan di pabrik ini adalah cocofiber dan cocopeat. Permasalahan yang sedang dihadapi pabrik ini adalah hasil produksi dari cocofiber menurun yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, salah satu yang memengaruh turunnya hasil produksi dari faktor internal yaitu kurangnya bahan baku, kemudian pemasaran yang dilakukan melalui komunikasi dari mulut ke mulut. Sedangkan faktor eksternal adalah ketidakpastian harga bahan baku di tingkat petani dan hama tanaman pada perkebunan kelapa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi hasil produksi dalam pengembangan usaha berdasarkan faktor penyusun kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, menentukan alternatif strategi yang tepat dalam meningkatkan hasil produksi berdasarkan metode QSPM. Berdasarkan analisis matrix IFE diperoleh total skor sebesar 3,56, sedangkan matrix EFE sebesar 3,60. Hasil matrix IE berada pada sel I yang disebut strategi tumbuh dan membangun selain itu pada sel I terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matriks SWOT menghasilkan 5 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh PT. Maligai Citra Kelapa. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diprioritaskan adalah pembentukan kelompok tani (pemasok) dalam mengoptimalkan limbah sabut kelapa sebagai bahan baku cocofiber dengan skor TAS sebesar 6,0658. Kata Kunci: Matrix IFE EFE, Matrix IE, Matrix SWOT, Matrix QSPM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:19
Last Modified: 03 Feb 2022 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59016

Actions (login required)

View Item View Item