Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUANTUM GIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) SISWA SMA NEGERI 1 KUNDUR

ABSTRAK Hardiyati, (2022) : Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quantum, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUANTUM GIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) SISWA SMA NEGERI 1 KUNDUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hardiyati, (2022) : Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quantum GIS terhadap Motivasi Belajar pada Materi Sistem Informasi Geografis (SIG) Siswa SMA Negeri 1 Kundur Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan aplikasi Quantum GIS pada pembelajaran geografi terhadap motivasi belajar siswa kelas X PIS SMA Negeri 1 Kundur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi dengan menerapkan aplikasi Quantum GIS pada materi Sistem Informasi Geografi (SIG) pada siswa kelas X PIS SMA Negeri 1 Kundur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PIS yang berjumlah 66 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah/madrasah, Guru dan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memberikan pengaruh yang sangat berbeda dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran geografi materi Sistem Informasi Geografis. Motivasi belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan aplikasi Quantum GIS. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 67,33 menjadi 72,44 pada nilai post test. Jika dihitung persentasi yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan adalah 7,59%. Kata Kunci: Aplikasi Quantum GIS, Motivasi Belajar, Sistem Informasi Geografis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:17
Last Modified: 02 Feb 2022 07:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/59004

Actions (login required)

View Item View Item