Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

ROBILAH ABADAWIYAH, - (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ROBILAH ABADAWIYAH (2021) : ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi bilangan bulat kelas V SDN 37 Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 5 orang yang dipilih dari 20 orang siswa kelas V di SDN 37 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : jenis kesalahan yang dilakukan subjek 1sampai subjek 5 dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah adalah: kesalahan memahami masalah, kesalahan dalam menyusun rencana, kesalahan dalam melaksanakan rencana dan kesalahan dalam memeriksa jawaban. Penyebab kesalahan yang dilakukan subjek 1 sampai 5 adalah: subjek tidak teliti dalam mengerjakan soal, subjek kurang dalam penguasaan bahasa matematika, sehingga subjek tidak memahami maksud dari soal, subjek kurang pemahaman dalam prosedur pengerjaan soal, subjek lupa rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, subjek tergesa- gesa dalam menyelesaikan soal, subjek kurang minat dalam belajar matematika dan subjek kurang paham terhadap soal yang diberikan. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Soal Pemecahan Masalah, Bilangan Bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:01
Last Modified: 03 Feb 2022 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58989

Actions (login required)

View Item View Item