Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN VIRTUAL LABORATORY PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) PADA MATERI INDIKATOR ASAM BASA

RAYSHA ADILLA, - (2022) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN VIRTUAL LABORATORY PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) PADA MATERI INDIKATOR ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Raysha Adilla, (2022) : Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Virtual Laboratory Physics Education Technology (PhET) Pada Materi Indikator Asam Basa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya kegiatan pembelajaran dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga pengukuran keterampilan proses sains siswa di SMK Abdurrab Pekanbaru sulit dilakukan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan Virtual Laboratory PhET pada materi indikator asam basa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Untuk mengukur keterampilan proses sains siswa, digunakan lembar observasi dan soal post-test yang berbentuk essay serta wawancara siswa sebagai instrument pendukung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TLM SMK Abdurrab Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains siswa menggunakan Virtual Laboratory PhET pada materi indikator asam basa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TLM 3 SMK Abdurrab Pekanbaru yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan keterampilan proses sains siswa menggunakan virtual laboratory PhET dalam kategori sangat baik. Hasil persentase keterampilan proses sains tertinggi didapatkan pada aspek melakukan percobaan sebesar 97,5% dan hasil persentase keterampilan proses sains terendah didapatkan pada aspek keterampilan mengelompokkan sebesar 82,5%. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Virtual Laboratory PhET, Indikator Asam Basa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:21
Last Modified: 02 Feb 2022 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58962

Actions (login required)

View Item View Item