Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MEDIA BATANG CUISENAIRE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH ASH SHOBIRIN KECAMATAN TAPUNG KEBUPATEN KAMPAR

YESSI FAIDUL LAILA, - (2022) PENGARUH PENERAPAN MEDIA BATANG CUISENAIRE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH ASH SHOBIRIN KECAMATAN TAPUNG KEBUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YESSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yessi Faidul Laila,2022:“Pengaruh Penerapan Media Batang Cuisenaire Terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Muatan Pelajaran Matematika Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Ash Shobirin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari metode Ekspositori berbantuan media batang cuisenaire terhadap peningkatan pemahaman konsep penjumlahan pecahan muatan pelajaran matematika kelas IV MI Ash-Shobirin. Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan penjumlahan pecahan siswa. Penelitian ini adalah penelitian jenis Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Ash-Shobirin, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditarik kesimpulan bahwa kemampuan penjumlahan pecahan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil uji t-test terhadap skor posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen sebesar 82,3438, lebih tinggi dibandingkan hasil pada kelas kontrol yaitu sebesar 71,4063. Sedangkan berdasarkan analisis uji t menunjukkan bahwa t hitung > ttabel baik taraf signifikan 5% (1,670) maupun 1% (2,388) atau 1,670 < 5,474 > 2,388, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Ekspositori berbantuan media batang cuisenaire terhadap peningkatan pemahaman konsep penjumlahan pecahan pecahan siswa pada tema kewajiban dan hak ku kelas IV MI Ash-Shobirin Kata Kunci: Media Batang Cuisenaire, Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2022 06:29
Last Modified: 31 Jan 2022 06:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58920

Actions (login required)

View Item View Item