Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR AL-RASYID PEKANBARU

SISKA MUTIA, - (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR AL-RASYID PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SISKA KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siska Mutia (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Al-Rasyid Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan strategi pembelajaran directed reading activity pada pembelajaran tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Al-Rasyid Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan yang dibaca. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 11 orang siswa Sekolah Dasar Al-Rasyid Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran directed reading activity dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan membaca pemahaman siswa dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa penggunaan media gambar seri pada strategi pembelajaran penerapan strategi pembelajaran directed reading activity dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat peningkatan sebelum tindakan dan setelah diberi tindakan. Sebelum tindakan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa hanya mencapai 59,54% atau tergolong kurang baik. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 71,81% atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 81,81% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran directed reading activity dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Al-Rasyid Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity, Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2022 08:06
Last Modified: 31 Jan 2022 08:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58914

Actions (login required)

View Item View Item