Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MAHAROH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWI MTS DINIYAH PUTRI KOTA PEKANBARU RIAU

SUPPRIADI, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MAHAROH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWI MTS DINIYAH PUTRI KOTA PEKANBARU RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUPRIADI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suppriadi, (0202): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Maharoh Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswi Mts Diniyah Putri Kota Pekanbaru Riau Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Arab Siswi Di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru Riau. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode Belajar Kooperatif Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al – Mujtahadah Pekanbaru Riau?” Penelitian ini dimulai dari merancang langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri pekanbaru tahun ajaran 0202/0202, dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru Riau. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII A dan VIII B Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri pekanbaru Riau. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru Riau. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode belajar kooperatif efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru Riau Karena nilai to = 98.3 lebih besar dari tt pada taraf signifikansi 21 = 08.0 dan taraf signifikansi 21= 0822 ini berarti H2ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Putri Pekanbaru Riau. Kata Kunci : Efektifitas, Metode Pembelajaran Kooperatif, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2022 22:58
Last Modified: 30 Jan 2022 22:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58908

Actions (login required)

View Item View Item