PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MATERI JASA DAN PERAN TOKOH DISEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA MURID KELAS V MI MATHLABUL ULUM KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Binti Rahmawati, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MATERI JASA DAN PERAN TOKOH DISEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA MURID KELAS V MI MATHLABUL ULUM KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011253.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar murid khususnya pada mata pelajaran IPS Materi Jasa Dan Peran Tokoh Disekitar Proklamasi Kemerdekaan. Begitu juga metode yang digunakan guru dalam pembelajaran sangat sedikit melibatkan siswa dalam proses pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Teaching memungkinkan guru untuk mengetahui apa yang telah diketahui dan dipahami oleh murid sebelum memaparkan apa yang guru ajarkan, sangat berguna dalam mengajarkan konsep-konsep abstrak, serta memicu meningkatnya aktivitas murid dalam belajar. Berhasilnya penerapan pembelajaran kooperatif tipe Guided Teaching pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui dari adanya peningkatan aktivitas belajar murid pada mata pelajaran IPS dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan aktivitas belajar murid pada mata pelajaran IPS hanya mencapai rata-rata persentase 55,6%, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama meningkat menjadi 62,5% atau aktivitas belajar murid pada mata pelajaran IPS masih tergolong “Cukup” karena 62,5% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,7% atau aktivitas belajar murid pada mata pelajaran IPS tergolong “Baik” karena 76,7% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II adalah 14,2%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Guided Teching dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS Materi Jasa dan Peran Tokoh Disekitar Proklamasi Kemerdekaan Pada Murid Kelas V MI Mathlabul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Jan 2016 03:21
Last Modified: 11 Jan 2016 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item