Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HADIS-HADIS TENTANG FAKIR DALAM KITAB SIYARUS SALIKIN KARYA SYEIKH ABDUS SHAMAD AL-PALIMBANI W. 1247 H/ 1839 M (STUDI TAKHRIJ HADITS)

FAATHIR FAT-HEL HAMID, FH (2022) HADIS-HADIS TENTANG FAKIR DALAM KITAB SIYARUS SALIKIN KARYA SYEIKH ABDUS SHAMAD AL-PALIMBANI W. 1247 H/ 1839 M (STUDI TAKHRIJ HADITS). Thesis thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV fatir.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS_FAATHIR_FATHEL_HAMID_S2_HK_TH (1).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kata fakir (dalam Bahasa Arab ditulis faqir) secara etimologi berasal dari fi‟il madhi yang berupa lafaz faqara yang berarti melubangi, menggali. Kata alfaqiru (bentuk tunggal atau mufrad) dengan bentuk jamak (plural) nya mafakir, bermakna kebutuhan atau merasa butuh. Dalam pandangan Islam kemiskinan atau kefakiran indikasinya sama, jika kebutuhan dasar setiap indivu perindividu dalam masyarakat (sandang, papan dan pangan) tidak terpenuhi. Termasuk kebutuhan akan pendidikan, kesehatan dan keamanan sekalipun yang terakhir ini merupakan tanggung jawab Negara secara langsung. Bagi para sufi, kata fakir berarti: Mengosongkan hati (takhalli) dari segala bentuk entitas, selain baqa` di dalam hubugan antara hamba dengan Tuhan. Kata ini juga berarti kesadaran atas kebutuhan kepada Allah semata dan hidup dalam kesadaran atas kecukupan pada makhluk. Fakir merupakan konsep yang jika dipahami dengan salah akan membawa manusia ke sengsaraan dan jauh dari Allah Swt, sedangkan jika dipahami secara benar kefakiran akan sangat mendekatkan diri dari Allah Swt dan menjauhi diri dari kekurangan, bahkan fakir termasuk tingkatan atau maqamat yang tinggi dalam Tarekat Ahli Sufi. Salah satu kitab yang populer dalam kalangan sufi dan sering dijadikan rujukan di bidang Tasawuf baik oleh masyarakat dalam pengajian di masjid maupun bahan ajar di kampus, khususnya sufi di Indonesia adalah Kitab Siyarus Salikin atau yang berjudul lengkap Siyarus Salikin Li Rabb AL-Alamin. Kitab ini ditulis oleh Syeikh Abdus Shamad AlPalimbani dalam bahasa Melayu dan dengan tulisan Arab Melayu. mulai ditulis pada tahun 1193 H/1779 M dan selesai pada tahun 1203 H/1788 M. Dalam karya Syeikh Abdus Shamad al-Palimbani ini uraiannya diperkuat oleh dalil yang berasal dari al-Qur‟an dan hadis-hadis Nabi Saw. Namun hadis-hadis yang terdapat di dalamnya tidak disebutkan sanad, rawi maupun kualitas hadisnya. Berdasarkan hal itulah penulis sangat terpanggil untuk mengkaji dan meneliti kualitas hadis-hadis yang terdapat dalam kitab Siyarus Salikin li Rabb „Alamin. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan pendekatan metode kualitatif yang bersifat deskriptif-anlisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah kitabkitab takhrij. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan dokumen. Sedangkan Analisis data bersifat induktif dan teknik yang dilakukan penulis adalah dengan menganalisa isi (content analysis) dari data-data yang terkumpul yang kemudian dikembangkan dengan metode jarh wa ta‟dhil. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Terdapat dua puluh satu (21) hadis tentang fakir dalam kitab Siyarus Salikin Li Rabb „Alamin karya Syeikh Abdus Shamad Al-Palimbani. Dari segi kualitas sanad dan matan diantaranya teradapat delapan (8) hadis shahih, tiga (3) hadis hasan, sembilan (9) hadis dho‟if, dan satu (1) hadis maudhu‟.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:27
Last Modified: 28 Jan 2022 06:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58892

Actions (login required)

View Item View Item