Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK STRATEGI PENJUALAN PADA TOKO MUTIARA BINA TANI

PITASARI, - (2022) PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK STRATEGI PENJUALAN PADA TOKO MUTIARA BINA TANI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK STRATEGI PENJUALAN PADA TOKO MUTIARA BINA TANI PITASARI NIM: 11653200328 Tanggal Sidang: 12 Januari 2022 Periode Wisuda: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas, No. 155, Pekanbaru ABSTRAK Mutiara Bina Tani merupakan perusahaan yang menyediakan barang kebutuhan pertanian dan peternakan di Kota Dumai. Terdapat masalah pada perusahaan ini yaitu pada produk yang kurang diminati sehingga menyebabkan penumpukan barang pada tempat penyimpanan dan berpotensi produk mengalami masa kedaluwarsa pada produk tertentu. Perusahaan belum memiliki upaya untuk membuat strategi penjualan dalam mengatasi permasalahan ini. Menentukan strategi penjualan tentunya harus membuat keputusan yang tepat dengan mengumpulkan berbagai informasi yang tersedia. Strategi yang ditawarkan pada penelitian ini adalah dengan membuat promosi paket penjualan, agar paket penjualan ini menarik pembeli maka produk yang sepi peminat tersebut digabungkan dengan produk yang sering dibeli dalam satu paket penjualan. Dalam menemukan produk yang sering dibeli dapat menerapkan teknik Association Rule yang dapat mengolah data untuk menemukan pola pembelian produk yang paling sering terjadi berdasarkan data transaksi dengan menggunakan algoritma FP-Growth yang dimana pada semester satu tahun 2019 memiliki sebanyak 9.438 data transaksi. Dalam menentukan nilai Support dan Confidence dilakukan percobaan sebanyak 6 kali hingga mendapatkan nilai yang tepat yaitu Minimum Support 3% dan Minimum Confidence 30%. Dengan nilai tersebut didapatkan sebanyak 8 aturan asosiasi yang terbentuk yang dapat digunakan sebagai produk yang membuat daya tarik didalam paket promosi. Kata Kunci: association rule, data mining, fp-growth, penjualan, promosi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 09:41
Last Modified: 28 Jan 2022 09:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58878

Actions (login required)

View Item View Item