Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI DINAS PARIWISATA PROVINSI RIAU DALAM MENINGKATKAN SEKTOR PARIWISATA MELALUI APLIKASI JEMARI (JENDELA INFORMASI PARIWISATA RIAU)

ZULIA PRIHARTINI, - (2022) KOMUNIKASI INOVASI DINAS PARIWISATA PROVINSI RIAU DALAM MENINGKATKAN SEKTOR PARIWISATA MELALUI APLIKASI JEMARI (JENDELA INFORMASI PARIWISATA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Jurusan Judul : : : Zulia Prihartini Ilmu Komunikasi Komunikasi Inovasi Dinas Pariwisata Provinsi Riau Dalam Meningkatkan Sektor Pariwisata Melalui Aplikasi Jemari (Jendela Informasi Pariwisata Riau) Dinas Pariwisata Riau merupakan pelaksana dan pengelola dalam operasional aplikasi Jemari, serta aktif dalam memberikan penerangan dan sosialisasi kepada masyarakat agar inovasi dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi inovasi Dinas Pariwisata Provinsi Riau dalam meningkatkan sektor Pariwisata melalui aplikasi Jemari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu: Ade Saputra, S.STP selaku kepala Seksi Sarana Prasarana Pariwisata Riau, Ruslianto selaku IT pariwisata Riau, Rio Herlambang selaku admin aplikasi Jemari, Ngaini selaku pelaku ekraf woodskrip, T.S.Nurilla Zaharazat selaku pelaku ekraf Tekat Tiga Dara. Penelitian dilakukan di Jl. Jend. Sudirman, komplek Bandar Serai, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Pekanbaru pada bulan Desember 2021. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa inovasi aplikasi Jemari mulai dikomunikasikan sejak April 2021, hingga saat ini Januari 2022 jumlah pengguna inovasi berjumlah 100+. Saluran komunikasi menggunakan komunikasi interpersonal pada saat launching di event Riau reborn dan saluran new media seperti website, berita online, instagram, facebook, dan youtube. Jangka waktu difusi inovasi dimulai dari April 2021, hingga saat ini Dinas Pariwisata Riau masih terus berupaya menyempurnakan inovasi dan berupaya untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada publik. Dengan Dinas Pariwisata Riau sebagai agen pembaharu, Dispar 12 Kabupaten/Kota sebagai opinion leader dan calon wisatawan Nusantara khususnya wisatawan Riau sebagai target adopter. Kata Kunci : Difusi Inovasi, Aplikasi Jemari, Pariwisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Jan 2022 09:14
Last Modified: 28 Jan 2022 09:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58869

Actions (login required)

View Item View Item