Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH UNIT SIMPANG RUMBAI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

SONIA FITRI EDYASANTI, - (2022) ANALISIS MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH UNIT SIMPANG RUMBAI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SONIA FITRI EDYASANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sonia Fitri E.S (2022): Analisis Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Pegadaian Syariah Unit Simpang Rumbai Menurut Perspektif Ekonomi Islam Pandangan Islam mengenai kegiatan ekonomi merupakan bagian dari pembahasan dibidang muamalah, dan pembahasan tersebut menjelaskan cara melakukan kegiatan ekonomi yang sesuai dengan syariat Islam atau dikenal dengan istilah ekonomi syariah. Konsep dari ekonomi syariah yaitu memegang nilai-nilai Islam dan digunakan sebagai dasar serta landasan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat lahir dan batin dalam aktivitas perekonomian. Salah satu upaya untuk mewujudkan nilai-nilai ekonomi Islam dalam aktivitas masyarakat yang nyata, salah satunya dengan membangun dan memperluas lembaga-lembaga keuangan yang dijalankan berdasarkan syariat Islam. Lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan syariat Islam salah satunya yaitu Pegadaian Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menggunakan Pegadaian Syariah dan mengetahui tinjauan Ekonomi Islam terhadap minat masyarakat menggunakan Pegadaian Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilakukan di Pegadaian Syariah Unit Simpang Rumbai. Sumber data terdiri data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh (Total Sampling) yang berarti seluruh populasi dijadikan sebagai sampel berjumlah 30 nasabah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi selanjutnya penulis menganalisa data secara kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah faktor-faktor yang menjadi minat nasabah non muslim terdapat lima faktor yaitu faktor lokasi, pada faktor ini persentase yang paling tinggi dengan jumlah 100% yaitu Pegadaian Syariah dekat dengan tempat tinggal nasabah, faktor produk, pada faktor ini semua responden menyatakan setuju bahwa produk Pegadaian Syariah beragam, menarik dan inovatif serta adanya keuntungan di setiap produk Pegadaian Syariah, faktor promosi, pada faktor ini dengan persentase yang paling tinggi yaitu sebanyak 100% responden menyatakan setuju bahwa Pegadaian Syariah ditujukan untuk berbagai macam lapisan masyarakat, faktor reputasi, pada faktor ini dengan persentase sebanyak 100% responden menyatakan setuju bahwa Pegadaian Syariah popular dikalangan masyarakat serta memiliki citra yang baik dan jaringan perusahaan yang dimiliki Pegadaian Syariah sudah banyak, selanjutnya faktor pelayanan, pada faktor ini persentase yang paling tinggi dengan jumlah 100% yaitu karyawan Pegadaian Syariah memiliki sikap ramah dan kemampuan dalam menyampaikan informasi kepada nasabah sangat baik. Dan tinjauan ekonomi islam terhadap minat masyarakat berdasarkan faktor tersebut adalah tidak adanya paksaan kepada nasabah dalam menggunakan Pegadaian Syariah. Kata Kunci : analsis faktor, minat, pegadaian syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Jan 2022 08:12
Last Modified: 28 Jan 2022 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58862

Actions (login required)

View Item View Item