Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN ALAT BANTU TIMBANGAN SAWIT YANG ERGONOMIS UNTUK PARA PEKERJA TENGKULAK SAWIT BERDASARKAN METODE REVERSE ENGINEERING DAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA)

DERI OKFA RIZKI, - (2022) PERANCANGAN ALAT BANTU TIMBANGAN SAWIT YANG ERGONOMIS UNTUK PARA PEKERJA TENGKULAK SAWIT BERDASARKAN METODE REVERSE ENGINEERING DAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DERI OKFA RIZKI (2021) : PERANCANGAN ALAT BANTU TIMBANGAN SAWIT YANG ERGONOMIS UNTUK PARA PEKERJA TENGKULAK SAWIT BERDASARKAN METODE REVERSE ENGINEERING DAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) CV. Satu Putri bergerak di bidang pengepul buah sawit yang berdiri sejak tahun 2003. CV. Satu Putri beralamat di Desa Mahato, kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu. CV. Satu Putri sebagai pihak pengepul buah sawit dari hasil kebun petani, kemudian menjualnya kembali ke pabrik sawit terdekat. Dalam aktivitas jual beli sawit dilakukan dengan cara menimbang buah sawit secara manual, proses penimbangan menggunakan timbangan yang dipikul oleh dua orang pekerja. Dengan mengangkat beban yang lebih dari 100 kg. Saat melakukan pekerjaan dengan beban yang berat dan fasilitas kerja yang tidak ergonomis mengakibatkan pengerahan tenaga yang berlebihan dan postur yang salah seperti memutar dengan membungkuk dan membawa beban adalah resiko terjadinya cidera. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi postur kerja pada proses penimbangan buah sawit oleh pekerja tengkulak sawit menggunakan metode Rapid Entire Body Assessement (REBA), dan merancang alat bantu penimbangan buah sawit yang ergonomis menggunakan metode Reverse Engineering berdasarkan alat yang sudah ada sebelumnya. Hasil penelitian ini nilai postur REBA angka rata-rata 10 dan dilakukan prancangan alat dengan sistem kerja yang digantungkan pada salah satu sisi bak mobil dan diberi tiang penyangga sehingga pekerja tidak perlu lagi memikul timbangan pada saat melakukan pekerjaan. Kata Kunci : Rapid Entire Body Assessement (REBA), Reverse Engineering

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:04
Last Modified: 28 Jan 2022 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58848

Actions (login required)

View Item View Item