Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ROTTE BAKERY KOTA PEKANBARU DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Fatoni, - (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ROTTE BAKERY KOTA PEKANBARU DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

ABSTRAK Fatoni (2022): “Analisis Strategi Pemasaran Rotte Bakery Kota Pekanbaru dalam Menghadapi Persaingan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pada Rotte Bakery kota Pekanbaru, serta mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pada Rotte Bakery kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian pada Rotte Bakery kota Pekanbaru. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Marketing Communication dan 3 kepala cabang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 orang dengan sampel yang berjumlah 4 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif terhadap data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Rotte Bakery kota Pekanbaru dalam menghadapi persaingan sudah cukup memadai. Hal ini terbukti dalam strategi bauran pemasaran 4p yaitu; strategi produk (product) berupa senantiasa meningkatkan kualitas produk, banyak varian produk yang menarik, dan kemasan produk yang baik dan menarik. Strategi harga (price) berupa penetapan harga, dan menjaga stabilitas harga. Strategi tempat (place) berupa tempat usaha yang strategis, tempat usaha yang nyaman, akses yang mudah di jangkau, lokasi mudah terlihat, dan tempat usaha yang luas. Dan strategi promosi (promotion) berupa melakukan periklanan secara offline, melakukan personal selling, dan menggunakan digital marketing. Rotte Bakery Kota Pekanbaru dalam mengadapi persaingan menerapkan empat metode yakni: harga atau nilai, menyenangkan konsumen, pengalaman konsumen dan atribut yang dapat dicatat. Dalam tinjauan Ekonomi Islam Rotte Bakery kota Pekanbaru dalam menghadapi persaingan telah sesuai dengan prinsip syariah. Hal ini dapat dilihat dari produk yang ditawarkan tidak mengandung bahan-bahan haram ataupun berbahaya dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Terbukti bahan yang digunakan halal dan berlabel LP POM MUI RIAU. Penetapan harga tidak memberatkan kedua belah pihak serta bertransksi atas dasar kerelaan dan keridhoan dan sudah sesuai dengan prinsip syariah. tempat yang bersih, aman, nyaman dan strategis sehingga mudah dijangkau oleh konsumen dan sudah sesuai dengan prinsip syariah. Pada kegiatan promosi selalu memberikan informasi yang benar dan jelas seperti menampilkan gambar yang dilengkapi produk serta harga yang sesuai dengan fakta sebenarnya dan tidak melebih-lebihkan. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Persaingan, Prinsip Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Jan 2022 05:15
Last Modified: 28 Jan 2022 05:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58839

Actions (login required)

View Item View Item