RISKI NOVITA HARIS, - (2022) KETERAMPILAN GURU RAUDHATUL ATHFAL MEMOTIVASI ANAK BELAJAR DOA HARIAN SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
Abstract
RISKI NOVITA HARIS (2021) : KETERAMPILAN GURU RAUDHATUL ATHFAL MEMOTIVASI ANAK BELAJAR DOA HARIAN SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 Tujuan penelitian adalah mengetahui keterampilan guru Raudhatul Athfal memotivasi anak belajar doa terutama doa sebelum tidur, doa makan, doa masuk kamar mandi, dan doa belajar secara daring pada masa pandemi Covid-19. Latar belakang penelitian adalah pentingnya keterampilan guru memotivasi anak belajar doa harian pada masa pandemi Covid-19. Keterampilan dasar mengajar adalah kemampuan yang bersifat khusus yang dimiliki oleh seorang guru agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efesien, dan profesional. Dalam memberikan motivasi anak belajar doa harian secara daring pada masa pandemi Covid-19, guru harus kreatif dan benar-benar memahami bagaimana praktek pelaksanaan keterampilan guru. Penelitian menggunakan studi kepustakaan (library research). Sumber data penelitian kepustakaan terdiri dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga keterampilan guru memotivasi anak belajar doa harian secara daring pada masa pandemi Covid-19, di antaranya: keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan menggunakan variasi. Keterampilan tersebut berperan penting saat memberikan motivasi anak belajar doa harian. Motivasi diberikan guru dengan menggunakan aplikasi seperti whatsapp, zoom, dan youtube. Guru membuat grup chat pada setiap kelas. Proses pembelajaran menggunakan berbagai sumber media sosial. Guru mengirim video pembelajaran sesuai dengan tema berupa link, menampilkan video animasi doa, pesan suara dengan melantunkan suara bacaan doa yang merdu, guru membuat video ketika membaca doa harian, dan mengapresiasi hasil karya anak dengan mempublikasikan di media sosial. Kata Kunci: Keterampilan, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini, Daring
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 09:38 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 09:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58826 |
Actions (login required)
View Item |