Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENJALANI KULIAH DARING

Evi Nursalisa, - (2022) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENJALANI KULIAH DARING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENJALANI KULIAH DARING Evi Nursalisa (evinursalisa12@gmail.com) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka ke daring menyebabkan mahasiswa mengalami stres akademik. Salah satu hal yang bisa menanggulangi stres akademik adalah dengan memiliki regulasi diri dalam belajar. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan sampel sebanyak 251orang mahasiswa Fakultas Psikologi yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala regulasi diri dalam belajar berdasarkan teori Zimmermaan (2011) dan Skala Stres Akademik berdasarkan teori Gadzella (2012). Hipotesis pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara regulasi diri dalam belajar dan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani kuliah daring. Berdasarkan analisis data dengan teknik Pearson Product Moment correlation diperoleh koefisien korelasi sebesar r = - 0,12 dengan taraf signifkansi 0,029 (p<0,05). Artinya hipotesis diterima, hal ini menunjukan bahwa semakin baik kemampuan individu dalam membuat perencanaan, mencari informasi ketika ada hal yang tidak di pahami, mampu untuk mengulang dan mencatat kembali materi pembelajaran serta mampu menciptakan lingkungan yang nyaman selama pembelajaran maka tekanan yang dialami pada mahasiswa yang berasal dari tugas atau fasilitas yang tidak mendukung akan rendah. Oleh karena itu, untuk menurunkan stres akademik pada mahasiswa yang menjalani pembelajaran daring, mahasiswa perlu menerapkan regulasi diri dalam belajar. Kata Kunci: Regulasi Diri Dalam Belajar, Stres Akademik, Mahasiswa, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:55
Last Modified: 28 Jan 2022 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58821

Actions (login required)

View Item View Item