Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

FEBRI WIDIANTI, - (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FEBRI WIDIANTI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Febri Widianti, (2022): Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Kemampuan Awal Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru berdasarkan kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VII SMP Negeri 16 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Quasy Eksperimen dengan desain penelitian posttest-only Control Group Design. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, terlipih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS dengan siswa yang menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran TPS dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penerapan model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau berdasarkan kemampuan awal matematika siswa, namun tidak terdapat interaksi di antaranya. Kata kunci : Model Think Pair Share (TPS), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:55
Last Modified: 28 Jan 2022 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58810

Actions (login required)

View Item View Item