Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEBAIKAN RUTE DISTRIBUSI ES KRISTAL (ICE TUBE) MENGGUNAKAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOUR (Studi Kasus : PT. Atlas Hupindo)

RAHMATUL FITRA, - (2022) PEBAIKAN RUTE DISTRIBUSI ES KRISTAL (ICE TUBE) MENGGUNAKAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOUR (Studi Kasus : PT. Atlas Hupindo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PERBAIKAN RUTE DISTRIBUSI ES KRISTAL (ICE TUBE) MENGGUNAKAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOUR (Studi Kasus : PT. Atlas Hupindo) Rahmatul Fitra Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR Soebrantas no. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru, 28293 Email: Rahmatulfitra@gmail.com ABSTRAK PT. Atlas hupindo merupakan sebuah perusahaan penghasil es kristal (Ice Tube) yang berlokasi di Pasir Putih Pekanbaru. Perusahaan ini memiliki 12 mobil box yang digunakan dalam proses pendistribusian es Kristal (Ice Tube) khususnya di wilayah pekanbaru. Mobil box ini selalu beroperasi setiap harinya dengan cara mengantarkan produk es Kristal (Ice Tube) ke beberapa tempat pelanggan, sedangkan untuk proses pendistribusian hanya menggunakan kemampuan dan pengetahuan pengemudi tanpa adanya kajian penentuaan rute kendaraan yang tepat sehingga menimbulkan masalah lambatnya pengiriman dan pemborosan bahan bakar yang di sebabkan alur pendistribusian yang tidak teratur. Selain itu kondisi perinsistribusian yang tidak merata membuat setiap kendaraan yang beroperasi pada outlite masing-masing membutuhkan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan metode Algoritma Nearest Neighbour. Metode ini merupakan metode sederhana yang digunakan dalam menentukan rute terpendek dengan cara menentukan titik terdekat dengan jarak terpendek dan merupakan solusi awal penyelesaian masalah (Route Constructing) pada distribusi Ice Tube. Hasil yang di dapat dari metode Nearest neighbour adalah mendapatkan satu rute dengan jarak tempuh terpendek dengan hasil perhitungan jarak yang dilakukan maka diperoleh hasil penghematan jarak sebesar 18,786 km atau sebesar 31,29%. Kata Kunci : Ice Tube, Route Contruckting, Algoritma Nearest Neighbour

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 08:32
Last Modified: 28 Jan 2022 08:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58802

Actions (login required)

View Item View Item