Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN ALAT BANTU PENGUPAS BULU SAPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTSCHE INGENIEUER 2222 (VDI 222) (Studi Kasus: UKM Kerupuk Kulit Minang Jaya)

ADE SYAHPUTRA, - (2022) PERANCANGAN ALAT BANTU PENGUPAS BULU SAPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTSCHE INGENIEUER 2222 (VDI 222) (Studi Kasus: UKM Kerupuk Kulit Minang Jaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PERANCANGAN ALAT BANTU PENGUPAS BULU SAPI DENGAN MENGGUNAKAN METODE VEREIN DEUTSCHE INGENIEVER 2222 VDI 2222 (Studi Kasus: CV. Minang Jaya) ADE SYAHPUTRA NIM : 1155210436 Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru, Indoneisa ABSTRAK Usaha kecil menengah (UKM) Kerupuk Kulit Minang Jaya adalah industri rumahan yang bergerak dalam bidang kuliner kerupuk kulit yang beralamat di Jalan Cipta Karya, Pekanbaru. Kerupuk kulit yang diproduksi oleh UKM Kerupuk Kulit Minang Jaya berbahan dasar dari kulit sapi. Permasalahan yang ditemukan yaitu penggunaan pisau yang digunakan di dalam proses pengupasan kulit sapi ini membutuhkan waktu yang cukup lama dimana waktu yang dibutuhkan untuk mengupas 5 kulit sapi yaitu selama 2 Jam. Selain itu untuk pengupasan bulu sapi juga ditemukan masalah yaitu penggunaan pisau yang tergolong kurang ergonomis. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan pisau ini para pekerja harus memegang kulit sapi dengan tangan kiri sedangkan tangan kanan memegang pisau dengan memberikan tekanan untuk mengupas kulit sehingga hal tersebut menyebabkan adanya keluhan dari para pekerja. Oleh karea itu perlu dirancang sebuah alat yang dapat digunakan dalam proses pengupasan bulu sapi agar lebih nyaman saat digunakan dan dapat mempersingkat waktu pengupasan kulit sapi yakninya dengan menggunakan metde Verein Deutsche Ingeneure (VDI) 2222. Berdasarkan hasil pengolahan data bahwasannya untuk proses pengupasan kuli sapi untuk 1 lembar kuli sapi menggunakan pisau adalah 9.25 menit sedangkan menggunakan alat yang telah dirancang adalah 7.56 menit. Kesimpulannya alat pengupas bulu kulit sapi yang dirancang ini memiliki tingkat efisiensi waktu sebesar 22,35% sehingga waktu yang dihasilkan lebih sedikit di bandingkan dengan alat bantu pisau sebeumnya. Kata Kunci: REBA, Verein Deutsche Ingeneure (VDI) 2222

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 08:02
Last Modified: 28 Jan 2022 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58800

Actions (login required)

View Item View Item