Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Luas Permukaan Tabung Kelas IX SMP/MTs

Poksi Dwi Prada, - (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Luas Permukaan Tabung Kelas IX SMP/MTs. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Poksi Dwi Prada, (2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Luas Permukaan Tabung Kelas IX SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi luas permukaan tabung kelas IX SMP/MTs memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMPN 22 Pekanbaru dan para ahli atau pakar pada bidangnya yaitu guru dan dosen. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi Luas Permukaan Tabung. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen uji validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen dan lembar uji validitas perangkat yang terdiri dari ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran, instrumen uji kepraktisan berupa angket respon siswa dan instrumen uji keefektifan berupa soal tes matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran, LKS berbasis model pembelajaran discovery learning dinyatakan sangat valid dengan presentase tingkat kevalidan 94,95%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang dinyatakan sangat praktis dengan presentase kepraktisan 94,35%. Kemudian, untuk uji keefektivan LKS tidak dapat dilaksanakan karena kondisi tidak mendukung dimasa pandemi covid-19. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Discovery Learning, Luas Permukaan Tabung

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:31
Last Modified: 28 Jan 2022 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58795

Actions (login required)

View Item View Item