RANI EKAHARDILA, - (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
x ABSTRAK Rani Ekahardila, (2022): Pengembangan Modul Berbasis Realistics Mathematics Education (RME) pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII MTs Al-Muttaqin Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul berbasis Realistics Mathematics Education (RME) pada materi bentuk aljabar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan minimal S2. Objek penelitian ini adalah modul berbasis RME pada materi bentuk aljabar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Angket dan soal postttest. Instrumen penelitian berupa dokumen pendukung, instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi modul oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran modul berbasis RME dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 87,045%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 8 orang siswa diperoleh bahwa modul berbasis RME sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 84,67%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Pengembangan modul ber basis RME sudah efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan bahwa lebih besar dari . Selain iu keefektifan modul bisa dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen ( ) lebih tinggi dari rata-rata nilai posttest kelas kontrol ( ) Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Realistic Mathematics Education (RME), Bentuk Aljabar)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 02:11 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58789 |
Actions (login required)
View Item |