Ega Kuslia Sari, - (2022) KLASIFIKASI KOMENTAR INSTAGRAM TOKO ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2. LAPORAN SEMUA KECUALI BAB 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
1. Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan Instagram yang signifikan dimanfaatkan oleh pelaku bisnis sebagai platform periklanan seperti toko online Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Komentar masyarakat terhadap toko online mendeskripsikan tanggapan yang berbeda-beda. Opini tersebut akan dikelompokkan menjadi teks atau dokumen untuk mengategorikan dan menganalisis pendan�gan pengguna terhadap toko online. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) dan mendapatkan informasi sentimen terkait komentar Instagram toko online. Pembagian Data dibagi menggunakan K-Fold Cross Validation dengan 10 split. Nilai akurasi pada data Tokopedia yaitu 97,14%, kemudian data Shopee yaitu 95,17%, selanjutnya data Blibli yaitu 80,00%, sedangkan data Bukalapak yaitu 66,43%, dengan sentimen toko online tersebut bersifat netral. Kemudian sentimen pada data Lazada sebagian besar bersifat negatif dengan akurasi yaitu 77,60%. Kata yang sering muncul pada data Tokopedia yaitu “beli”, kemudian data Shopee yaitu “cek”, selanjutnya data Blibli yaitu “brand”, sedangkan data Bukalapak yaitu “gamers, dan pada data Lazada yaitu “barang”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 07:23 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 07:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58786 |
Actions (login required)
View Item |