MELA ROSPITA, - (2022) HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DAN EMPATI DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMA DI KECAMATAN TAMPAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (866kB) |
||
|
Text
TESIS MELA ROSPITA.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DAN EMPATI DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMA DI KECAMATAN TAMPAN Mela Rospita Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau mela.rospita@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan Iklim sekolah dan Empati dengan perilaku Cyberbullying pada siswa SMA di Kecamatan Tampan. Perilaku Cyberbullying pada siswa SMA meningkat terutama ketika sekolah harus dilaksanakan daring dikarena faktor covid19. Siswa yang merasa tidak diawasi langsung oleh guru ketika belajar daring sehingga Iklim sekolah yang baik menjadi terabaikan oleh siswa SMA di Kecamatan Tampan. Penelitian ini dilakukan pada 72 siswa SMA dikecamatan Tampan dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Instumen penelitian menggunakan angket yang diuji validitas dan reliabilitas. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik korelasi regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kontribusi Iklim Sekolah dengan perilaku Cyberbullying adalah sebesar 6,7%, dan kontribusi Empati dengan perilaku Cyberbullying sebesar 7,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan. Artinya semakin tinggi Iklim Sekolah dan Empati dengan perilaku Cyberbullying maka semakin rendah perilaku Cyberbullying siswa SMA di Kecamatan Tampan Kata Kunci: Iklim Sekolah, Empati dan Perilaku Cyberbullying
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi-S2 |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 05:09 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 05:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58745 |
Actions (login required)
View Item |