Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMALISASI PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MENGGUNAKAN MILP DAN MRP (Studi Kasus: Toko Mebel Saeniki Rokan Hulu)

NURJANAH, - (2022) OPTIMALISASI PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN MENGGUNAKAN MILP DAN MRP (Studi Kasus: Toko Mebel Saeniki Rokan Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR NURJANAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Produk mebel menjadi salah satu hasil industri yang terus dikembangkan sampai saat ini dikarenakan kebutuhan akan produk mebel juga semakin mengalami peningkatan. Strategi perencanaan produksi dan pengendalian persediaan diterapkan oleh setiap pelaku industri agar dapat memajukan perusahaan dan memperoleh keuntungan yang maksimal, sehingga hal tersebut memunculkan masalah optimasi. Penelitian ini menggunakan Mixed Integer Linear Programming dengan metode Cutting Plane dalam perencanaan produksi, yaitu untuk mengetahui berapa keuntungan dari hasil peramalan permintaan bulan Oktober 2021 juga untuk mengetahui berapa dan apa saja kombinasi produk mebel yang sebaiknya diproduksi oleh toko mebel Saeniki Rokan Hulu. Kemudian juga dilakukan optimasi untuk penggunaan bahan baku menggunakan Material Requirement Planning. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa untuk mengoptimalkan produk mebel dengan keuntungan maksimal, maka toko mebel Saeniki Rokan Hulu memproduksi produk mebel lemari kayu 3 pintu sebanyak 7 unit, lemari kayu 2 pintu sebanyak 6 unit, meja makan sebanyak 1 unit dan mimbar sebanyak 2 unit dengan keuntungan produksi sebesar Rp. 24.300.000. Berdasarkan perhitungan Material Requirement Planning dengan Lot-for-Lot menghasilkan total biaya pemesanan bahan baku Rp. 1.500.000 sebagai solusi pengendalian persediaan. Kata Kunci: Material Requirement Planning, Mixed Integer Linear programming, Optimalisasi, Peramalan,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:08
Last Modified: 28 Jan 2022 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58736

Actions (login required)

View Item View Item